Skip to content

Ini Dia ‘Berita’ Paling Berani di Media Online Ternama!

 

featured-iklan-turun-berat-badan

Screenshot detik.com

Sebuah ‘berita’ dengan foto perempuan cantik khas aktris Bollywood menyita perhatian di antara berita-berita lainnya di beranda detik.com, Senin (14/11/2016). Judulnya membuat penasaran dan ditempatkan di lahan yang strategis, mengesankan sebagai berita penting.

Ketika ‘berita’ diklik, pembaca diarahkan ke halaman sebuah situs kesehatan. Terlihat tanya-jawab antara penanya dan sang perempuan cantik yang diakui sebagai aktris India. Dengan rasa penasaran bercampur curiga, KataRupa membaca saksama isi ‘berita’ yang tergolong panjang.

Tak sampai sepertiga artikel, pembaca pun bisa memastikan bahwa ini adalah iklan obat penurun berat badan! Tampilan yang serupa artikel berita serta dirujuk salah satu portal berita online ternama di Indonesia di lahan strategis bertajuk news feed, menjadikannya jebakan yang nyaris sempurna.

Iklan ini tak hanya berani mengecoh, namun juga memiripkan beberapa nama dengan nama yang ada, seperti “Rucha Hasanis” yang mirip nama aktris India “Rucha Hasabnis” dan “Gold Gym” yang mirip “Golds Gym”.

Tak berhenti di situ, nama Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) pun dipakai utuh tanpa modifikasi di dalam kisah sang aktris. Sejauh penelusuran KataRupa di berbagai media, tidak ditemukan berita tentang tuntutan PERSAGI atas aktris yang dipanggil “Bu Hasanis” oleh penanya.

komparasi-2-versi

Sepekan kemudian, KataRupa membuka artikel iklan yang sama di situs yang sama dan menemukan “Persatuan Ahli Gizi Indonesia” berganti menjadi “Persatuan Ahli Gizi India”! Sementara nilai uang tuntutan yang dimenangkan sang aktris berubah dari “3,7 juta IDR” menjadi “Rp 13,7 juta”. Selebihnya tak berubah.

Namun hingga berita ini diturunkan, masih ada artikel iklan yang belum berubah terpajang di sebuah situs berita online lokal. Mungkin terlupa?

(KataRupa)

KataRupa © Copyright 2016. All Rights Reserved
%d bloggers like this: