Skip to content

Orang Indonesia “ke Laut aja”!

Pembaca,

Siapa yang tak kenal ungkapan “ke laut aja”. Ungkapan gaul ini memang sangat populer di semua kalangan usia meski awalnya hanya marak di kalangan kaum muda.

Sayangnya, “ke laut aja” menjadi nge-hit bukan karena bermakna positif tapi merupakan respon atau ekspresi merendahkan. Laut dimaknai sebagai wadah bagi segala sesuatu yang tak berharga seperti halnya tempat pembuangan sampah.

Mungkin ada di antara kita yang bilang, “Ya elah, itu kan cuman ungkapan, enggak perlu sampai dibahas segitu seriusnya!” Benar sekali, kita sekata. Kita tidak akan membahasnya apalagi menangisi nasib si kata “laut” yang ternistakan.

KataRupa berpikir, “ke laut aja” bisa menjadi tema menarik bagi kampanye komunikasi dari isu berikut ini.

Adalah Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, yang melontarkan fakta bahwa Indonesia telah menghabiskan miliaran dolar untuk mengimpor daging, seperti dilansir detik.com, Senin (28/11/2016). Padahal jika masyarakat Indonesia gemar makan ikan maka tak perlu lagi bergantung pada daging yang justru lebih mahal.

Berdasarkan data badan pangan dunia FAO yang dilansir berbagai media, konsumsi ikan Indonesia saat ini hanya 32,24 kg/kapita/tahun. Jauh di bawah Malaysia yang sebesar 58,1 kg/kapita/tahun, Mynmar 55 kg/kapita/tahun, Vietnam 33,20 kg/kapita/tahun dan Filipina 32,70 kg/kapita/tahun.

Sebagai negera dengan luas bahari yang jauh di atas negara-negara ASEAN lainnya, Indonesia justru parkir di peringkat paling buncit dalam hal pemanfaatan kekayaan laut. Ironis memang.

Mungkin saja ada korelasi antara rendahnya konsumsi ikan rakyat Indonesia dengan laut yang dianggap tak berharga seperti tercermin dari ungkapan “ke laut aja”. Namun yang pasti, keinginan Bu Susi mengurangi ketergantungan terhadap daging sapi lewat gerakan masif makan ikan, patut kita dukung.

040866400_1416728808-kampanye_makan_ikan

Kampanye “Ayo Kita Makan Ikan” menyambut Hari Ikan Nusantara oleh Himpunan Alumni IPB (HA-IPB). Foto: health.liputan6.com

Saatnya kita kobarkan “perang kolosal” ikan melawan sapi dengan mengajak orang Indonesia “ke laut aja” lewat sebuah ide kampanye komunikasi yang unik namun sangat menyulut minat.

Jika sudah selesai dirancang, tidak ada salahnya kamu mengajukannya ke Menteri Susi. Siapa tahu beliau tertarik, mengingat–berdasarkan penelusuran KataRupa–masih minimnya materi kampanye komunikasi yang dimiliki Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Orang Indonesia, “ke laut aja”, yuk!

Redaksi

KataRupa © Copyright 2016. All Rights Reserved
%d bloggers like this: