Skip to content

Nick Brandt Memotret dengan Kepedihan Hati

quote-my-images-are-unashamedly-idyllic-and-romantic-a-kind-of-enchanted-africa-they-re-my-nick-brandt-92-51-91

Foto diri dan quote Nick Brandt. (Sumber: azquotes.com)

Bisa dibilang Nick Brandt adalah satu-satunya fotografer wildlife di muka bumi yang memotret satwa liar Afrika dengan kepedihan hati yang mendalam.

Di balik lensa kameranya, keindahan yang tampil menyiratkan tragedi. Setiap obyeknya seakan telah lama punah dalam balutan hitam putih ala foto studio awal abad 20.

Nick Brandt tidak semata merekam dari balik lensa, ia hadir bagai sahabat setia para satwa liar di saat-saat akhir hidup mereka. Bagi Nick, satwa-satwa liar ini tak lama lagi akan punah karena tabiat manusia yang cenderung merusak.

Nick merekam untuk mengabarkan pada dunia keindahan satwa yang bakal punah di bawah sang penguasa serakah, mahluk yang bernama manusia.

elephant_drinking

“Elephant Drinking”, Amboseli, 2007. Salah satu karya foto Nick Brandt yang sangat terkenal. (Sumber foto: en.wikipedia.org)

Saat beraksi, ia justru menolak lensa tele maupun zoom yang biasanya menjadi senjata utama para fotografer wildlife. Nick memotret dalam jarak yang sangat dekat.

Alhasil, semua foto menyiratkan keintimannya dengan setiap satwa yang menjadi obyek fotonya. Mereka tidak merasakan kehadiran Nick sebagai ancaman bagi zona aman mereka. Ekspresi yang terekam begitu apa adanya, malah seolah berkata, “fotolah kami karena sebentar lagi kami tinggal kenangan…”

Lion Couple, Serengeti 2011

“Lion Couple”, 2010. (Sumber foto: camerawork.de)

Fotografer yang lahir dan besar di London ini merasa cukup berbekal kamera Pentax 67II dengan hanya 2 fixed lenses dan medium-format black and white. Pilihan yang sesungguhnya tidak lazim untuk merekam indahnya warna-warni alam liar.

Di saat para fotografer berlomba-lomba memotret dengan kamera-kamera super komplit dan canggih, Nick lebih menekankan pada misinya memotret, yaitu menggugah kesadaran manusia untuk berhenti membabi-buta merusak hak mahluk hidup lain.

Nick Brandt, seniman foto pelawan arus. Sosok yang langka, selangka foto-foto karyanya.

 

(Sah/KataRupa)

Video: LA Review of Books

KataRupa © Copyright 2016. All Rights Reserved
%d bloggers like this: