Skip to content

Kuang Biao, Kartunis Politik Cina yang Punya Sembilan Nyawa

9-nyawa-featured-format

Ilustrasi: KataRupa

Bagi kartunis politik asal Cina, media sosial tampaknya menjadi satu-satunya etalase untuk memajang karya-karya mereka, meski aksi pembungkaman juga tak kalah gencar dilakukan para penguasa media sosial yang pro ataupun bernyali kecil terhadap penguasa Cina.

Media sosial juga menjadi medan perang utama bagi Kuang Biao, kartunis politik Cina yang paling berpengaruh karena ketajaman guratan pena gambarnya serta kegigihannya menolak vonis ‘mati’ dari penguasa media sosial.

Seperti ramai diberitakan berbagai media massa dan para netizen dari berbagai belahan dunia, Kuang Biao telah lusinan kali bereinkarnasi dengan nama akun baru setiap kali jejaring sosial Sina Weibo mematikan akunnya.

Kuang Biao selalu berhasil menyusup dengan identitas baru sekalipun microblogging terbesar di China ini kabarnya menerapkan aturan bahwa user yang akunnya telah ditutup tidak bisa register lagi dengan nama akun baru.

Kartunis yang getol menyindir ulah tak terpuji para pejabat partai komunis Cina ini, seakan punya sembilan nyawa. Tak hanya karena sulit dibungkam tapi juga karena ia punya gaya ilustrasi yang beragam.

Tengok saja karya-karyanya; terkadang realis di mana sosok tokoh atau obyek digambarkan riil, terkadang juga mendekati surealis penuh metafora. Bahkan ada yang terasa dark dan bikin merinding karena adegan yang ditampilkan terbilang sadis.

Jika umumnya kartunis politik mengkritik sembari membuat pembacanya tersenyum, tampaknya Kuang Biao lebih dari itu, ia juga bisa membuat pembaca ngeri bercampur jeri.

Kata orang a picture is worth a thousand words, jadi lebih baik kita nikmati saja karya-karya sang suhu karikatur ini ketimbang bercerita berpanjang kata.

Berikut beberapa karya Kuang Biao pilihan KataRupa dari berbagai media online. Silakan nikmati sambil belajar banyak darinya.

imrs-1

“Democratized” (Kuang Biao). Sumber: washingtonpost.com

imrs

“Dream” (Kuang Biao). Sumber: washingtonpost.com

kuang-biao

“The Flag Has Not Fallen” (Kuang Biao). Sumber: CMP

42cc8608483d99958993596f6175cbfb

Karya Kuang Biao. Sumber: Mumbai Paused – Pinterest

(KataRupa)

KataRupa © Copyright 2016. All Rights Reserved
%d bloggers like this: