Skip to content

Vladimir “Rambo” Putin, Rutin Jadi World’s Most Powerful People

Tak mau kalah dengan “Person of the Year”-nya majalah TIME, di penghujung 2016 ini majalah Forbes menobatkan 74 orang paling berkuasa di dunia dengan presiden Rusia Vladimir Putin di posisi puncak untuk keempat kalinya.

Penilaian didasarkan pada besarnya jumlah orang yang mereka kuasai, besarnya sumber finansial yang mereka kontrol dan besarnya kekuasaan mereka untuk mengubah dunia.

screen-shot-2016-12-15-at-7-12-43-pm

Daftar Forbes “World’s Most Powerful People” (Sumber: screenshot Wikipedia)

Uniknya, 74 orang ini dianggap mewakili 7,4 milyar penduduk bumi. Artinya, 1 orang tokoh mewakili 100 juta orang. Demikian menurut Forbes asal-usul jumlah 74 orang terpilih.

Berdasarkan catatan KataRupa, kekuasaan terbesar Putin yang paling menyita perhatian dunia adalah campur tangannya dalam pemilihan presiden Amerika, di mana presiden Amerika yang dianggap paling powerful sedunia justru ditentukan oleh Putin.

Karikatur karya Nick Anderson (Sumber: screenshot cartoonistgroup.com)

Karikatur karya Nick Anderson (Sumber: screenshot cartoonistgroup.com)

Meski Putin membantah namun Trump sudah kadung dianggap “boneka”-nya Putin, sementara negara Amerika tak lebih dari taman bermain para intelijen Rusia.

Hal menarik lainnya dari presiden Rusia ini adalah penampilannya saat berlibur di Siberia.

Seperti dilansir dailymail.co.uk (5/8/2009), Putin menunggang kuda sambil bertelanjang dada. Ia seolah memberi pesan pada dunia bahwa dirinya adalah “Rambo” sang jagoan yang sebenarnya.

article-1204250-05f2d2a0000005dc-261_634x878

Aksi Putin saat berlibur di Siberia, Agustus 2009 lalu. (Foto: AFP/Getty Images. Sumber: dailymail.co.uk)

Pameran kegagahan ini sontak menjadi viral yang mendunia. Publik dunia seolah diyakinkan bahwa Putin memang orang paling perkasa di muka bumi. Tak menutup kemungkinan majalah sekelas Forbes turut terbuai oleh pesona personal branding yang dibangun Putin.

Tampilan Putin ala Rambo yang mengakrabi alam, mengingatkan kita pada film “Rocky IV” (1985) di mana petinju USSR (kini Rusia), Ivan Drago (Dolph Lundgren), justru ditampilkan serba modern, sarat fasilitas berteknologi tinggi. Sementara Rocky (Sylvester Stallone) yang berkebangsaan Amerika adalah anti-tesisnya. Rocky memilih kembali ke alam dengan berlatih di Siberia, tempat yang sama dengan liburan Putin.

Mungkin saja Putin terinspirasi film “Rocky” dan “Rambo” yang notabene anak kandung Amerika. Namun yang pasti, majalah bergengsi Forbes yang “ber-KTP” Amerika ini, sudah rutin mengakui Putin hingga empat kali sebagai penguasa dunia, penguasa Amerika juga.

(Sah/KataRupa)

KataRupa © Copyright 2016. All Rights Reserved

%d bloggers like this: