Skip to content

Ada Latah di Opening Title Film Seri TV Populer

Pembaca,

Mungkin para pekerja kreatif film Indonesia tak perlu malu lagi (jika merasa) saat dicap suka latah dalam berkarya. Pasalnya, budaya ikut-ikutan ini ternyata dilakoni juga para pekerja kreatif film asal barat.

Ketika menyimak satu persatu film-film seri TV populer yang dirilis antara 2010 – 2016, KataRupa menemukan banyaknya kemiripan dalam konsep perupaan pada opening title atau sering disebut juga opening credits, opening sequence, atau intro.

Sekedar informasi, menurut Wikipedia, opening title adalah cara sebuah film atau program TV menampilkan judul, nama perusahaan yang memproduksi dan para pemerannya. Fungsinya membantu membangun setting dan tone dari film atau program TV tersebut.

Opening title di film-film seri TV ini menunjukkan betapa sang pembuatnya dilanda kasmaran berat pada perupaan bergaya simbolik, surealis, bahkan terkadang abstrak. Sebagian besar tidak lagi mencincang adegan-adegan yang ada dalam film, untuk kemudian dijahit dalam rangkaian klip yang dipasangi credits.

Opening title kini menjadi sebuah karya seni tersendiri, terpisah dari film yang diusungnya. Pemisahan ini terasa kental lewat konsep rupa yang menghadirkan dominasi simbol-simbol, sementara konsep rupa filmnya sendiri tidak bermain di ranah tersebut.

Close-up berbagai benda dan bagian tubuh manusia hasil paduan live action, animasi, CGI dan efek kamera, menjadi permainan rupa yang mengasyikkan.

Sebagian besar film membungkus opening title-nya dengan musik bernada minor yang terkadang asing di telinga. Alhasil, saat musik dan rupa berpadu, kesan “dark” terasa kental. Penonton seolah diajak masuk pintu gerbang film yang dingin, gelap, sarat misteri sehingga memicu rasa tertekan atau depresi.

Jika merujuk pada hakikat kreativitas yang mewajibkan adanya orisinalitas dalam berkreasi, maka sudah pasti opening title di film-film ini tidak lolos sensor. Namun, kenyataannya, penonton tidak peduli dengan parameter ini. Semua opening title film seri favorit mereka, dipuji bagus, unik, beda, dan ‘kreatif’.

Aksi latah di opening title film-film seri TV populer bukan masalah bagi penonton yang menjadi penikmat utama. Ia hanya membuat para kritikus seni film gerah tanpa bisa berbuat apa-apa, karena penonton adalah raja.

Berikut 8 opening title dari film-film seri TV populer yang dimaksud di atas:

1. “Westworld” (HBO)

2. “Sherlock” (BBC)

3. “Game of Thrones” (HBO)

4. “The Walking Dead” (AMC, FOX, AMC Networks)

5. “Vikings” (History)

6. “Marco Polo” (Netflix)

7. “The Night Of” (HBO)

8. “Daredevil” (Netflix)

Redaksi

Video: Title Sequence, Benjin DubisharGameofThrones, CHRONICLE KAI, @HOLLYWOOD, millchannel, f bx, Marvel Entertainment

Featured image: Westworld

KataRupa © Copyright 2016. All Rights Reserved
%d bloggers like this: