Skip to content

7 Film Keren yang Wajib Ditonton Para Calon Desainer

Punya waktu di sela tugas kuliah yang bejibun? sprucerd.com berbagi 7 judul film yang menarik dan bisa menambah ilmu bersilat rupa calon-calon desainer seperti kamu.

Sekalipun artikel tersebut bertajuk “Seven Netflix Movies Every Designer Should Watch”, namun ternyata tidak semua film produksi Netflix. Mungkin maksud penulisnya ketujuh film ini pernah tayang di Netflix?

KataRupa menelusuri lebih lanjut film & serial TV tersebut dari berbagai sumber dan menuliskan kembali sekilas keterangannya untukmu. Berikut judul-judulnya:

1. Art & Copy (2009)

art-and-copy-2009-poster

Sumber: Wikipedia

Adalah sebuah film dokumenter besutan sutradara Doug Pray tentang industri periklanan di AS. Film ini mengungkap prestasi beberapa seniman paling berpengaruh di dunia periklanan saat ini – orang-orang yang mempengaruhi kebudayaan kita dan tetap tak dikenal di luar industrinya, para seniman visioner di balik kampanye-kampanye besar seperti “just do it”, “got milk?”, dan “think different”.

Lahir dari “revolusi kreatif” periklanan tahun 1960-an, para seniman dan penulis ini membawa semangat pemberontakan yang mengejutkan dalam pekerjaan mereka di lingkungan bisnis yang lebih sering disebut “biasa-biasa saja” atau “manipulatif”.

2. Exit Through the Gift Shop (2010)

exit-through-the-gift-shop-2010-poster

Sumber: Netflix

Kamu mungkin mengenal atau mengidolakan Banksy dari karya-karyanya yang terpampang di tembok-tembok kota. Tapi tahukah kamu kalau Banksy juga menyutradarai film dokumenter ini? Film yang dibuat dengan ketidaksengajaan ini bahkan dinominasikan sebagai “Best Documentary Feature di Academy Award 2011”. Film ini juga bisa dibilang “a conversation starter”. Jadi, bakalan seru kalau kamu nonton rame-rame sama temen sekampus.

3. The Pitch (TV Show)

logo_of_amcs_reality_series_the_pitch

Sumber: Wikipedia

Peringatan: jangan tertukar dengan serial TV “Pitch”, ya. Kalau “Pitch” bercerita soal pemain baseball perempuan, kalau “The Pitch” bercerita soal persaingan 2 advertising agency untuk memenangkan klien baru dalam waktu yang sangat terbatas.

4. The Grand Budapest Hotel (2014)

mv5bmzm5njuxoteyml5bml5banbnxkftztgwnjeymdm0mde-_v1_sy1000_sx675_al_

Sumber: imdb

Film yang disutradarai oleh Wes Anderson ini sangat memuaskan mata desainer, atau siapapun yang memperhatikan detil. Color palette yang konsisten untuk setiap elemen visual—dari desain set, kostum, make-up, hingga branding untuk sebuah hotel palsu dalam film—dikurasi dengan sangat baik.

5. Art 21 (Serial TV)

art21-dvds-s1-s6

Sumber: art21.org

Serial yang ditayangkan di PBS sejak tahun 2001 ini akan membawamu ke balik layar sebuah karya seni, ke studio seniman modern yang membagi proses berpikir, menyusun konsep karya seni mereka. Dengan gaya dokumenter, serial ini akan mengenalkanmu pada seniman-seniman baru di setiap episodenya, dan akan membuat kamu sangat menghargai karya mereka.

6. Helvetica (2007)

helvetica-film

Sumber: Wikipedia

Mungkin kamu sudah enggak asing dengan film yang satu ini. Sesuai dengan namanya, film ini menceritakan tentang “Helvetica”, font yang banyak dipakai saat ini. Film ini melihat bagaimana font Helvetica digunakan dan apa dampak tipografi bagi hidup kita. Sebuah film yang wajib tonton apabila kamu tertarik dengan dunia desain—atau mungkin lebih spesifiknya; tipografi.

7. Jobs (2013)

mv5bmtm5ntq3mtyxn15bml5banbnxkftztcwode2nzk3oq-_v1_sy1000_cr006741000_al_

Sumber: imdb

Jangan tertukar juga dengan film Steve Jobs yang dibintangi oleh Michael Fassbender, yang rilis tahun 2015. Yang dimaksud di sini adalah film Jobs yang dibintangi oleh Ashton Kutcher dan dirilis tahun 2013.

Film ini berfokus pada karir Steve Jobs, dan kesuksesan Apple. Film ini tidak hanya menyoroti betapa terperinci dan kritisnya Steve Jobs dalam membuat desain, tapi juga bagaimana setiap desain yang dibuatnya sungguh merupakan perwujudan dari filosofi dan visi besar Apple.

Jadi bagaimana, sudah tak sabar menambah wawasan, skills, dan memuaskan mata desainermu dengan cara yang asik dan seru?

(May/KataRupa)

KATARUPA © COPYRIGHT 2017. ALL RIGHTS RESERVED
%d bloggers like this: