Skip to content

Jurus Jitu Julian Treasure agar Tidak Dianggap Angin Lalu saat Bicara

“Suara manusia adalah bunyi yang paling ampuh di jagad raya, saat misalnya berucap ‘I love you’. Namun, banyak orang yang merasa tak didengar saat bicara. Mengapa terjadi demikian? Bagaimana agar kita bisa bicara dengan penuh kekuatan agar bisa membuat perubahan di dunia?” demikian kira-kira terjemahan penggalan kalimat pembuka Julian Treasure saat berbagi kiat di TEDTalks, yang dipublikasikan lewat YouTube (27/6/2014).

Julian Treasure—yang berjuluk “Master of Sound” ini—adalah salah satu pembicara top skala internasional yang paling dinantikan. Video YouTube-nya “How to speak so that people want to listen I Julian Treasure” hingga kini (Jumat, 20/1/2017) telah menggondol lebih dari 9 juta viewers dengan 107,230 di antaranya mengacungkan jempol.

Dalam video yang diunggah TED ini, Julian Treasure mengungkap “7 dosa mematikan” yang mesti dihindari seorang pembicara, yaitu:

1. Gossiping

2. Judging

3. Negativity

4. Complaining

5. Excuses

6. Lying

7. Dogmatism

Julian juga berbagi 4 jurus jitu yang mesti dilakukan seorang pembicara. Ia menjulukinya dengan singkatan “HAIL”, yaitu:

1. Honesty—be clear and straight

2. Authenticity—be yourself

3. Integrity—be your word

4. Love—wish them well

“Love” yang dimaksud Julian bukanlah dalam konteks romantis, namun ungkapan kepedulian terhadap lawan bicara. Ia mencontohkan hal yang menarik; ketika kita peduli dengan lawan bicara dengan mengatakan “My goodness, you look ugly this morning!” maka hal itu tidak tepat meskipun pada poin 1 mesti being honest. Kekeliruan yang sering tidak kita sadari adalah mengungkap kepedulian pada lawan bicara dengan cara menghakiminya.

How to say—bagaimana kita mengatakannya—menjadi sangat vital dalam berbicara. Terkait ini, Julian mengungkap bahwa manusia sebenarnya punya tools berharga yang seringkali tidak digunakan. Ia menyebutnya “Tools Box” rahasia kekuatan bicara, yang berisikan:

1. Register

2. Timbre

3. Prosody

4. Pace

5. Pitch

6. Volume

“Register” misalnya, berkaitan dengan penggunaan nada suara. Menurut Julian, fakta membuktikan bahwa orang memilih politisi yang bicara dengan nada rendah, karena dinilai lebih berwibawa dan authoritative.

Seperti halnya mesin, suara kita juga mesti rajin ’dipanaskan’ agar berfungsi dengan baik. Julian memperagakan cara unik ‘memanaskan’ suara dengan mengajak para audience-nya melakukan hal yang sama.

Banyak jurus berharga yang dibagikan sang “Master of Sound” ini dengan contoh-contoh singkat namun mengena. Sungguh sayang dilewatkan, karena bisa jadi, ini adalah solusi jitu bagi mereka yang selama ini sering dianggap angin lalu saat bicara.

Silakan simak kiat jitu Julian Treasure di video YouTube milik akun TED berikut ini, dan selamat berlatih.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Membuat Audiences Terpaku pada Presentasi Anda

Baca juga: Kiat Kilat Membuat Presentasi PowerPoint Memikat

Baca juga: Bahasa Tubuhmu, Masa Depanmu!

(KataRupa)

Featured Image: Screenshot YouTube

KATARUPA © COPYRIGHT 2017. ALL RIGHTS RESERVED
%d bloggers like this: