Skip to content

Perang Iklan antar Brand Tersohor, Asyik buat Hiburan

Strategi menyerang lawan secara terang-terangan kerap dilakukan brand-brand tersohor, seperti: Jaguar, Pepsi, Microsoft, dan Samsung.

Beberapa di antaranya tak segan-segan menggunakan iklan milik seterunya sebagai amunisi untuk menyerang. Kebanyakan menggunakan pendekatan yang lucu. Meski, tentu saja, iklan serangan dirancang serius demi meraih simpati konsumen, bukan sekedar lucu-lucuan.

Konsumen bisa jadi tidak ambil pusing dengan strategi komunikasi di balik iklan-iklan khusus baku-pukul. Bagi mereka, iklan-iklan ini asyik buat sekedar hiburan.

Hingga saat ini, KataRupa belum menemukan studi tentang efektivitas iklan yang menyerang iklan lain. Apalagi jika yang melakukan serangan ‘kasar’ adalah merek super mewah yang sangat mengandalkan brand image, seperti merek mobil Jaguar.

Menurut penelusuran KataRupa, paling tidak ada 4 brand tersohor yang secara ‘serius’ mengobarkan api perang lewat iklan-iklan yang mengundang senyum hingga tawa.

1. Jaguar vs Mercedes

Patut diakui, iklan Mercedes-Benz satu ini menyematkan ide kreatif yang unik. Mercedes menggunakan ayam untuk mendemonstrasikan keunggulan teknologi Magic Body Control yang menghasilkan stabilitas berkendara setiap saat. Jaguar tampaknya sangat terusik dengan iklan ayam ini, mereka pun lantas menghadapkan seekor Jaguar dengan seekor ayam Mercedes. Apa yang terjadi? Saksikan video YouTube milik akun Roney Mathew berikut ini:

2. Pepsi vs Coke

Tak dipungkiri, inilah permusuhan abadi terbesar abad ini. Kisah perang keduanya menginspirasi banyak pelaku marketing dan komunikasi. Video kompilasi yang diunggah akun The Ad Show berikut, menampilkan beberapa iklan Pepsi yang fenomenal. Pepsi memang paling getol menyerang dibanding Coke. Iklan berseri tentang persaingan pengemudi truk pengangkut Pepsi dan Coke, menjadi salah satu tontonan lucu yang menghibur penonton.

3. Windows Phone vs Apple & Samsung

Windows Phone punya strategi unik, yaitu menyerang dua lawannya sekaligus—iPhone & Samsung. Yang membuatnya berbeda dengan iklan menyerang lainnya adalah, ia justru menampilkan iPhone & Samsung tengah berkelahi. Sementara Windows Phone—Nokia Lumia 920—menjadi sosok ’baik-baik’ yang tidak terlibat perkelahian konyol. Simak videonya berikut ini yang diunggah akun RawkinapTech.

4. Samsung vs Apple

Tak heran jika saat ini Samsung berhasil menggoyah dominasi iPhone—besutan sang legenda Steve Jobs. Tak hanya pintar menciptakan fitur-fitur unggulan yang tak dimiliki iPhone, ia juga kreatif dalam mengomunikasikannya lewat iklan yang membuat iPhone terlihat kalah telak.

Di iklan yang diunggah akun UnboxViews ini, Samsung menyodorkan argumentasi fungsional dari handphone GalaxyS4, yang sulit dibantah iPhone.

Menjadi menarik ketika functional benefits dibungkus dalam setting keseharian, dengan situasi di mana banyak orang berkumpul dalam satu tempat, sehingga semua fitur bisa diperagakan dengan natural.

(KataRupa)

Featured Image: Screenshot YouTube RawkinapTech

KATARUPA © COPYRIGHT 2017. ALL RIGHTS RESERVED
%d bloggers like this: