Skip to content

Proses Kreatif Dan Perri, sang Title Designer yang Langka

Tak banyak orang yang tahu profesi langka satu ini, karena memang kalah populer dibanding profesi bidang desain komunikasi visual lainnya.

Tercatat hanya ada segelintir desainer yang mau menekuninya. Salah satunya—barangkali juga satu-satunya yang bertahan—adalah desainer gaek bernama Dan Perri.

Di dunia perfilman internasional, Dan Perri dikenal sebagai pencipta desain judul beberapa film legendaris dan laris, seperti: “Star Wars”, “Taxi Driver”, “The Warriors”, “Raging Bull”, dan “Airplane”.

Saat KataRupa mengintip situs pribadinya di danperri.com, nyaris semua studio film top dunia pernah memakai jasanya, seperti: MGM Studios, Universal Pictures, 20th Century Fox, Warner Bros, dan masih banyak lainnya.

Sudah lebih dari 400 desain judul film dan televisi yang digarapnya selama 30 tahun berkarir di bidang desain judul film.

Melihat rekam jejak dan kontribusinya yang ternyata besar bagi dunia perfilman, maka Dan Perri dan profesinya sungguh tak layak dipandang sebelah mata.

Nah, bagi para desainer maupun calon desainer yang gandrung dengan tipografi judul film, Dan Perri memberikan ‘kuliah’ singkat tentang proses kreatif yang dilakoninya untuk menghasilkan karya desain judul film yang khas dan memorable.

Di video yang diunggah akun YouTube Academy Originals di bawah ini, Dan Perri masih setia membuat sketsa secara manual dengan menggunakan pensil—bagian dari proses kreatif yang nyaris punah (jika tidak mau dikatakan sudah punah) seiring makin tergantungnya para desainer pada kecanggihan komputer.

Dalam berkarya, Dan Perri yang bertangan kidal ini, tidak sekedar membuat desain judul yang enak dipandang mata saja, tapi juga sesuai konsep dan karakter film terkait.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak ajaran singkat sang maestro di video yang bertajuk “Title Design: The Making of Movie Titles” berikut ini:

(KataRupa)

Featured Image: Screenshot YouTube Academy Originals

KATARUPA © COPYRIGHT 2017. ALL RIGHTS RESERVED
%d bloggers like this: