Skip to content

Ketika Youtubers Tak Setuju Judul Behind the Scenes “San Andreas”

“San Andreas without the special effects look ridiculous”, demikian bunyi judul video behind the scenes yang diunggah akun Sploid. Video ini sudah mencetak 1,8 juta lebih views dengan 5.306 acungan jempol.

Beragam komentar datang dari para youtubers, namun berdasarkan penelusuran KataRupa, kebanyakan tidak sependapat dengan judul yang disematkan.

Pertama, yang mengerti film, mengomentari istilah “special effects” yang dianggap salah tempat. Special effects dilakukan saat syuting atau on set sebelum proses CGI. Sementara apa yang dimaksud special effects oleh penulis judul sesungguhnya adalah visual effects yang dilakukan di komputer.

Ada yang menyampaikan kesalahan istilah ini dengan santun, namun tak sedikit dengan nada mencerca hingga umpatan kasar.

Kedua, yang tak setuju penyebutan “ridiculous”, justru beranggapan bahwa adegan-adegan aslinya—sebelum diolah dengan CGI—sangat menarik, menantang, dan lebih ‘berbahaya’ ketimbang hasil akhirnya.

Mereka sangat menghargai upaya para pemeran—baik pemeran utama, figuran, dan stuntman—yang telah berupaya melakoni adegan-adegan yang justru sangat sulit, karena harus bisa berakting membayangkan di situasi rekaan seperti tertulis dalam skenario.

Tak terpengaruh oleh nilai rendah yang diberikan para kritikus film, para youtubers ‘baik hati’ ini justru mampu menyelami tantangan yang dihadapi para pemain film, kru serta tim produksi film yang dibintangi aktor berotot Dwayne “The Rock” Johnson ini.

Bisa jadi, sang penulis judul terpengaruh oleh selera pribadinya yang menilai film ini ’kacangan’—hanya pengulangan dari film-film sejenis bertema bencana alam—namun lebih jor-joran dalam hal visual effects. Sebagai informasi, film garapan sutradara Brad Peyton ini, mampu meraup 474 juta USD dengan modal 110 juta USD.

Atau, mungkin saja, gara-gara kesalahan menyematkan istilah “special effects” dan kata “ridiculous”, justru membuat video ini mampu memancing hampir 2 juta penonton Youtube?

Sumber video: Sploid – YouTube

(KataRupa)

Featured Image: Screenshot YouTube

KATARUPA © COPYRIGHT 2017. ALL RIGHTS RESERVED
%d bloggers like this: