Skip to content

9 Kanal YouTube untuk Belajar Membuat Film

Indietips.com membagikan 17 kanal keren di YouTube yang penuh dengan tips dan tutorial membuat film.

Video-video tutorial yang diunggah sangat bervariasi, dari pergerakan kamera standar sampai bantuan dengan 3D rendering. Tak heran kalau banyak yang bilang tak perlu sekolah film karena semua sudah ada di YouTube.

KataRupa memilih 9 di antaranya, khusus buat pembaca yang ingin menambah ilmu kreatif praktis membuat film.

1. UglyMcGregor

Nama aslinya adalah Lewis McGregor, seorang pembuat film paruh waktu di UK. Video-video yang diunggah ke saluran ini berasal dari proses produksi yang diikutinya sendiri. Saluran ini banyak mengunggah tutorial bagaimana mendapatkan tampilan seperti film layar lebar dengan kamera DSLR, dan berbagai tips & trik untuk membuat film.

2. Film Riot

Film Riot adalah sebuah saluran yang membagikan proses-proses membuat film. Saluran ini diawali oleh kakak-beradik Ryan Connolly dan Josh Connolly. Kepribadian Ryan Connolly yang menarik dan isi kepalanya yang begitu hiperaktif menjadi daya tarik saluran ini – selain kontennya sendiri. Dimulai sejak tahun 2009, saluran ini sudah memiliki lebih dari 1 juta subscriber, dan mendapatkan permintaan untuk membuat konten advertorial dari merek-merek seperti Dell dan Alienware hanya setelah sekitar 1 tahun setelah online.

3. Final Cut Queen

Adalah saluran yang berisi tentang hal-hal di belakang layar dari saluran pendahulunya, Final Cut King. Final Cut King sendiri adalah saluran milik Zach King – seorang seniman efek yang menampilkan video-video dengan setting kejadian sehari-hari yang dikemas dengan efek-efek yang keren dan membuatnya nampak ajaib. Final Cut King memiliki jutaan subscriber dan potongan video-video yang diunggah oleh Zach adalah salah satu yang paling ditunggu di Instagram. Jadi, pasti seru sekali melihat bagaimana ia membuat video-video tersebut, di Final Cut Queen.

4. Indy Mogul

Untuk pembuat film dengan anggaran yang terbatas, Indy Mogul punya lebih dari 1.000 video tutorial teknik-teknik membuat film sendiri.

5. Sam and Niko

Sam Gorski dan Niko Pueringer adalah 2 pembuat film pendiri Corridor Digital, sebuah production house yang mengklaim dirinya sebagai pembuat video-video keren yang pembaca pikir tidak mungkin dibuat. Saluran YouTube ini banyak mengunggah video penjelasan VFX-VFX yang mereka pakai, behind the scenes, dan video-video aneh yang tidak cocok masuk ke saluran utama mereka; Corridor Digital.

6. TheVFXBro

Saluran ini mengunggah video-video tutorial visual effect.

7. FilmmakerIQ

FilmmakerIQ adalah sebuah majalah online tentang gaya hidup dan sekolah perfilman gratis. Kadang saluran ini juga menginisiasi diskusi mengenai teori film.

8. IndependentVFX

IndependentVFX adalah sebuah saluran yang didedikasikan untuk membantu seniman-seniman visual effect untuk mengembangkan potensi mereka dan mempelajari keahlian-keahlian baru.

9. MakingOf

MakingOf adalah semacam tempat berkumpul dan sumber daya bagi para pembuat film dan para penggemarnya. Menonton video proses di balik layar bisa menjadi kegiatan yang sangat memperkaya. Tidak banyak orang yang bisa mendapatkan pengalaman mengetahui apa yang terjadi di balik layar, dan hanya dengan menonton beberapa video, pembaca bisa menangkap nilai-nilai etika yang penting di lokasi syuting.

(May/KataRupa)

Featured Image: Screenshot YouTube Compilation

KATARUPA © COPYRIGHT 2017. ALL RIGHTS RESERVED
%d bloggers like this: