Skip to content

Kata Netizen Soal Kata “Gebuk”nya Jokowi yang Dikritik Usman Hamid

Berbagai media massa online, baru-baru ini, ramai memberitakan pernyataan Jokowi yang disampaikannya di Tanjung Datuk, Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (19/05/2017).

cnnindonesia.com, Sabtu (20/05/2017), menulis “Jokowi mengeluarkan pernyataan keras terhadap organisasi anti-Pancasila dan PKI. Setelah menginstruksikan penegak hukum menggebuk PKI dan ormas anti-Pancasila, Jokowi kemarin menyatakan tak ragu menendang PKI dan ormas yang menentang Pancasila.”

“Ya kita gebuk, kita tendang, sudah jelas itu. Jangan ditanyakan lagi, jangan ditanyakan lagi, payung hukumnya jelas, TAP MPRS,” tutur Presiden, seperti dilansir tribunnews.com, Minggu (21/05/2017).

Baca juga: Kata-Kata “Santun” itu Percuma!

Berbagai media massa pun mengutip reaksi Usman Hamid atas pernyataan Jokowi tersebut saat berbicara di acara Slank mimbar bebas dengan bertemakan Ayo Bangkit Jangan Berhenti di Gang Potlot, Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu (20/5/2017).

“Saya kira lebih baik Presiden gunakan istilah yang ada dalam nomenklatur kelembagaan Presiden. Termasuk kerangka konstitusi, kerangka perundang-undangan ketimbang menggunakan istilah politis yang bisa menafsirkan berbagai pihak. Salah satu tafsir kan mengingatkan pada zaman Presiden Soeharto bahwa kalau Presiden sudah menggunakan kata gebuk berarti itu seperti membolehkan aparat tingkat bawah untuk menggunakan kekerasan,” ujar Usman, seperti dilansir suara.com, Minggu (21/05/2017).

Baca juga: Indonesia 2016: Atribut Polisi dan Jokowi yang Bikin Gagal Fokus

Kritikan Direktur Eksekutif Amnesty Internasional perwakilan Indonesia inilah yang ramai jadi perbincangan para netizen. Berdasarkan penelusuran KataRupa di kolom komentar beberapa media massa, mayoritas berisi pendapat para netizen yang tak sejalan dengan Usman Hamid.

Berikut ini sebagian kecil komentar para netizen yang KataRupa dapatkan dari pemberitaan tribunnews.com, Minggu (21/05/2017).

Screen-Shot-2017-05-24

Sumber: screenshot tribunnews.com

Nah, kalau menurut kamu sendiri bagaimana, setujukah dengan kata “gebuk” yang dipakai Jokowi atau mungkin punya pendapat lain?

(KataRupa)

Featured image: KataRupa

KATARUPA © COPYRIGHT 2017. ALL RIGHTS RESERVED
%d bloggers like this: