Skip to content

Menebak Produk-Produk Kreatif Apple yang Bakal Lahir di 2017

Screen-Shot-2017-06-02-at-5.15.22-PM

Sumber: screenshot youtube Tech Insider

Bukan Apple kalau tidak membuat penasaran para pemujanya. Nyaris setiap tahun dunia ‘persilatan’ gadget tak pernah sepi dari gonjang-ganjing seputar bakal produk teranyar dari merek berlambang buah penggoda Adam dan Hawa ini.

Berbeda dengan rival terberatnya (di kategori smartphone) yaitu Samsung, merek besutan Steve Jobs ini sadar betul bahwa rasa penasaran konsumen adalah cikal menggunungnya pundi-pundi dollar di lumbung harta mereka.

Apple seolah begitu menikmati penantian yang menyiksa para pemuja setianya. Semakin liar rumor yang beredar, semakin terbayang panjangnya antrian para penggilanya di hari pertama peluncuran nanti. Dan pastinya, semakin deras laba yang mengucur dari segala penjuru dunia.

Boleh jadi, Steve Jobs yang tak percaya strategi marketing  dan riset pasar, tak bakal ambil pusing dengan segala rumor dan ekspektasi konsumen yang menggila. Baginya fokus pada produk adalah segalanya, bukan pada marketing yang menjadikan insights konsumen sebagai panglimanya. Namun, tampaknya agak terlalu naif jika percaya buta bahwa Apple mengabaikan kekuatan strategi marketing.

Baca juga: Teranyar dari iPhone 7: Katakan dengan Balon

KataRupa termasuk yang percaya bahwa rumor liar soal bakal produk anyar Apple adalah bagian dari ‘strategi marketing’ Apple. Paling tidak—perusahaan asal paman ‘Trump’ yang dinilai banyak pengamat telah ‘mati ide’ sejak berpulangnya Steve Jobs—bakal memanfaatkan rumor, perbincangan, dan ekspektasi konsumen sebagai inspirasi dalam merancang produk-produk yang digilai seluruh penghuni planet bumi.

Bagamana menurut kamu, benarkah Apple sepenuhnya tutup mata dengan yang namanya strategi marketing dan riset pasar?

Akun youtube Tech Insider adalah salah satu kanal yang turut ‘memprovokasi’ penggila Apple lewat videonya “Here’s everything Apple is rumored to be launching in 2017” di bawah ini. Bisa jadi, konten rumor yang bakal kamu lihat ini bukanlah murni hasil prediksi para ‘peramal’ gadget, namun dari ‘orang dalam’ Apple sendiri yang ‘lempar batu sembunyi tangan’ buat ngetest respon pasar. Mungkin?

Yuk, kita plototin videonya bareng-bareng!

(Sah/KataRupa)

Featured image: screenshot youtube Tech Insider

Video: Tech Insider

KATARUPA © COPYRIGHT 2017. ALL RIGHTS RESERVED
%d bloggers like this: