Skip to content

Wow! Blogger Ini Bongkar ‘Asal-usul’ Logo Kopi ‘Bongkar’ Iwan Fals

Konon kabarnya, tidaklah mudah membujuk Iwan Fals menjadi bintang iklan komersial, mengingat ‘kiblat’ dan kepribadian sang legenda musik Indonesia yang sangat lekat pada kepedulian sosial.

Maka, baik para praktisi marketing maupun periklanan, dibuat terhenyak tatkala brand “Top Coffee” besutan Wings ini, sukses menggaet sang pemusik idealis menjadi brand ambasadornya.

Tak tanggung-tanggung, salah satu judul lagu paling legendaris bertajuk “Bongkar” ikut diboyong ke dalam narasi iklan TV. Siapa yang tak tahu “Bongkar”, lagu ini begitu populer di jaman kekuasaan orde baru yang dinilai otoriter. Liriknya boleh dibilang paling ‘bernyali besar’ karena berani menggelitik kuping para ‘macan tidur’.

Mudah ditebak, Top Coffee berusaha mengasosiasikan sosok idealis dan berani sang Iwan Fals dengan kualitas produknya. Top Coffee adalah brand yang idealis; berani dan jujur karena benar seperti Iwan Fals, demikian kira-kira asosiasi yang ingin dibangun oleh kampanye komunikasi iklan TV Top Coffee.

Namun di tahun 2012 lalu, seorang blogger berjuluk Bogiro Man, bak detektif, mengumpulkan berbagai bukti menarik untuk mengukuhkan pendapatnya, bahwa logo Top Coffee adalah logo—yang ia juluki—logo ‘frankenstein’, yaitu logo hasil menggabung-gabungkan foto dan desain karya orang lain. Nah, lho!

Screen-Shot-2017-06-20-at-10.48.21-PM

Screenshot Youtube

Hasil investigasi sang ‘detektif’ Bogiro menuai banyak pujian netizen, terutama mereka yang sangat menjunjung tinggi pilar utama idealisme kreativitas, yaitu orisinalitas.

Dengan sangat meyakinkan, Bogiro membongkar satu per satu asal-usul sang logo kopi ‘bongkar’. Lingkaran hijau bergaris putih diduga diambil dari logo Starbuck. Foto tampak atas secangkir kopi diduga diambil dari foto di sebuah situs yang di-publish pada 2 Januari 2009 dengan sedikit modifikasi pada bagian busa kopinya. Stock art cangkir kopi dari sebuah situs yang memajangnya pada 29 Nopember 2005. Sementara garis lengkung uap kopi berbentuk dua hurup “f” diduga dicomot dari logo karya Jan Zabransky yang sangat terkenal untuk perusahaan The Coffee Exchange Inc.

Baca juga: Iklan Mie Sedaap Chicco Jerikho Mencontek Iklan Namja Ramen Seung Ryong Ryu?

Baca juga: Iklan Mie Sedaap Diduga Doyan Menjiplak, Kali Ini Video “Hard” Rihanna?

Ada netizen yang coba berpikir positif, bahwa itu kebetulan saja mirip, namun dengan bukti-bukti yang dipaparkan Bogiro, rasanya terlalu banyak ‘kemiripan’ yang ‘kebetulan’.

Pada akhirnya terpulang pada kejujuran dan hati nurani kita masing-masing dalam menilai temuan sang ‘detektif’ visual ini. Nah, kalau menurut kamu sendiri bagaimana?

Yuk, simak hasil investigasi sang ‘detektif’ di blognya bogiro.blogspot.co.id.

 

(KataRupa)

Featured image: screenshot youtube

Video: vinusbocahfals

KATARUPA © COPYRIGHT 2017. ALL RIGHTS RESERVED

 

 

 

%d bloggers like this: