Skip to content

Ide Iklan Dagang Online (2): Pilih “Pah, Lawan!” atau “Pahlawan”?

 

Menggali ide iklan untuk memotivasi para pedagang kaki lima agar beralih ke jualan online sungguh sangat menantang sekaligus mengasyikkan. Butuh pemahaman yang mendalam akan insights para pedagang demi menemukan pesan yang menyentuh akal dan hati mereka.

Bagi para mahasiswa desain komunikasi visual maupun mereka yang tertarik dengan cabang komunikasi ini, jenis iklan layanan masyarakat menjadi salah satu favorit, karena bisa lebih ‘liar’ dalam berburu ide ketimbang iklan komersial yang sarat ‘pantangan’.

Kontributor KataRupa, FINECUT Strategic Creative Boutique, kembali berbagi inspirasi dalam perburuan ide-ide ‘langka’ untuk iklan yang memotivasi pedagang kaki lima beralih ke online.

Ide yang digali tergolong unik, berangkat dari pernyataan yang sering digadang-gadang banyak pihak, bahwa pedagang online adalah ‘pahlawan’ ekonomi. Tak hanya bagi keluarganya namun juga bagi perekonomian negara.

Namun tampaknya FINECUT tidak ingin terjebak dalam pesan klise, seperti “jadilah pahlawan bagi keluarga dan bangsamu”. FINECUT menggali dari perspektif yang berbeda, yaitu dari karakter atau personality sosok pahlawan itu sendiri. Pahlawan—selain tentunya pemberani, pantang menyerah, dan berjiwa satria—adalah juga sosok yang patuh dan menjunjung tinggi aturan hukum.

Baca juga: Ide Iklan Dagang Online (1): ‘Tinggal Pencet’, Uang pun Berlipat Ganda

Baca juga: Ide Iklan Dagang Online (3): Bahagianya Pak Satpol PP, “Hokimu Hepiku!”

Ide iklan layanan masyarakat karya FINECUT berjudul unik “Pah-lawan!” ini, dimaksudkan tayang pada Hari Pahlawan. Pesannya seolah membuka mata dan hati para pedagang kaki lima yang selama ini kerap terlibat ‘perang abadi’ dengan Satpol PP. Bahwa sebagai tulang punggung ekonomi keluarga, semestinya berani melawan kesulitan ekonomi dengan cara yang lebih efektif dan efisien, yaitu berjualan online. Bukan justru dengan melawan aturan hukum, berjualan di tempat yang mengganggu ketertiban umum.

Pedagang kaki lima yang beralih ke online, telah menjadi ‘pahlawan’ bagi keluarganya karena menciptakan kehidupan ekonomi yang lebih baik. Sekaligus juga menjadi ‘pahlawan’ bagi terciptanya ketertiban umum dan ‘perdamaian abadi’ dengan Satpol PP.

Pesannya keren ya, dengan ide permainan kata yang tak terduga; stop bilang “Pah, lawan!” tapi jadilah “Pahlawan” yang sesungguhnya.

Nah, sekarang giliran kamu menuangkan ide-ide yang menyentuh—bukan harus selalu bikin nangis lho, tapi yang inspiratif—demi mengangkat kehidupan pedagang kaki lima Indonesia menjadi lebih baik.

CREDIT

Judul Video: “Pah-lawan!”
Ide & Produksi: FINECUT Strategic Creative Boutique
Musik: The Rover – S Strong https://youtu.be/DhBCxKQPHiI
The Rover by S Strong https://soundcloud.com/stelios_strong
Creative Commons — Attribution 3.0 Unported— CC BY 3.0
http://creativecommons.org/licenses/b…

 

(KataRupa)

Featured image: screenshot video “Pah-lawan!”

KATARUPA © COPYRIGHT 2017. ALL RIGHTS RESERVED

 

 

%d bloggers like this: