Skip to content

Film Animasi “Father And Daughter”, Sarat Makna Tak Butuh Kata-Kata

Screen-Shot-2017-06-29-at-8.46.23-PM

Screenshot YouTube “Father And Daughter”

Enam belas tahun silam, film buah tangan Michaël Dudok de Wit ini diganjar Academy Award for Best Animated Short Film meski teknologi animasinya bukan tingkat ‘nirwana’ seperti milik para ‘dewa’ animasi masa kini—Pixar, Disney, DreamWorks, dan sejawatnya.

Rupa film animasi berdurasi 8 menit 30 detik ini, lebih mirip coretan sketsa gambar yang belum berwujud utuh ketimbang film yang siap saji. Kata-katanya? Apalagi, tidak ada sepatah kata pun yang keluar dari detik awal hingga akhir!

Lantas apa yang membuat para juri Academy Award 2001 begitu tersihir oleh film ‘oret-oretan’ tangan ini?

Mungkin lantaran para juri bosan dengan gaya rupa animasi yang begitu-begitu saja— ‘bagus’nya seragam—sehingga tanpa dikomando langsung menobatkan ‘sketsa bergerak’ yang nyeleneh ini menjadi pemenang.

Atau barangkali gara-gara kisah film ini begitu menyayat hati dan menguras air mata lantaran ‘luka’ yang ditorehkan begitu dalam.

Dua kemungkinan di atas bisa jadi adalah jawaban pasti mengapa “Father And Daughter” berjaya menyabet tempat paling terhormat di laga film tingkat sejagad tahun 2001 lalu.

Gaya bertutur yang ‘dijajah’ rupa tanpa kata-kata—apalagi rupanya sungguh tak lazim— serta kisah kesetiaan sang anak yag teramat dalam mengiris hati, membuat film hitam-putih lusuh kecoklatan ini menyeruak dari keseragaman gaya rupa film-film seterunya.

Tentu saja, film yang berkiblat ke art dan kontemplasi tingkat tinggi ini, bakalan sulit merasuki pemuja film-film animasi pencetak uang ‘tak berseri’. Sah-sah saja, sama sahnya dengan mereka yang berburu film bukan demi kesenangan, tapi justru memahami kesedihan guna mencari makna bernilai yang tersembunyi di baliknya.

Akhir kata, selamat merenunginya buat penyuka pesan ‘dalam’, dan selamat memanjakan mata buat penyuka gaya rupa yang tak biasa.

 

(Sah/KataRupa)

Featured Image: Screenshot YouTube Father And Daughter 2000 Oscar Winning Animated Short Film [HD]

Video: Pensare Films

KATARUPA © COPYRIGHT 2017. ALL RIGHTS RESERVED

 

 

%d bloggers like this: